Sukses

Film Perjuangan Perempuan Austria - Jepang

Film tentang perjuangan hak wanita mungkin sudah biasa. Namun, film berkisah tentang inspirasi wanita Austria membantu memperjuangkan hak wanita Jepang melalui konstitusi setelah perang dunia Kedua, diputar di London.

Liputan6.com, London: Film tentang perjuangan hak wanita mungkin sudah biasa. Namun, film berkisah tentang inspirasi wanita Austria membantu memperjuangkan hak wanita Jepang melalui konstitusi setelah perang dunia Kedua, diputar di London, Inggris.

Sumber NHK menyebutkan, film The Gift from Beate menceritakan bagaimana usaha Beate Sirota Gordon berkontribusi untuk memajukan hak dan status sosial perempuan di Jepang. Sementara Gordon sendiri, pahlawan film, menghadiri acara pemutaran memperingati hari perempuan sedunia. Dalam sambutannya, Gordon mengungkapkan kebahagiaannya melihat bagaimana wanita Jepang mengalami kemajuan sosial dalam 42 tahun terakhir karena hak-hak mereka dijamin dalam konstitusi.

Gordon merupakan mantan anggota pasukan sekutu pasca perang Jepang di Markas Besar Umum. Wanita Austria ini bertugas membantu menulis beberapa bagian Konstitusi yang bertujuan memperjuangkan hak sama di bawah hukum dan bagi lelaki dan perempuan.

Film ini dibuat dalam rangka memperingati hari perempuan sedunia, 8 Maret, disutradarai oleh seorang wanita Jepang, Chizuko Kuroiwa, dan pernah diputar di Amerika Serikat dan Eropa 5 tahun lalu. rencananya film akan diputar dalam festival film wanita  Afrika awal bulan ini. (NHK/ARI)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.