Sukses

Pemerintah Akan Bantu Korban Gempa Sekuat Tenaga

Pemerintah Cile akan melakukan segala upaya untuk membantu korban gempa dan tsunami di negara itu. Presiden Cile memohon kepada warganya agar mempercayainya.

Liputan6.com, Santiago: Presiden Cile Michelle Bachelet mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan segala upaya untuk membantu korban gempa dan tsunami di negara itu. "Pemerintah berusaha sekuat tenaga, namun ada beberapa keterbatasan geografis," kata Bachelet kepada wartawan, baru-baru ini.

Pernyataannya itu merupakan reaksi atas keluhan para korban gempa dan tsunami yang frustrasi karena kelambanan kinerja pemerintah dalam mendistribusikan bantuan. Distribusi bantuan terbatas terutama untuk kota-kota besar.

Bachelet memohon kepada warganya agar mempercayainya. Menurutnya Cile memerlukan waktu setidaknya tiga sampai empat tahun untuk membangun kembali negara itu hingga normal. 

Jumat (5/3) kemarin, Bachelet dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki Moon yang tengah mengunjungi Cile. Bachelet diharapkan untuk meminta bantuan internasional untuk membangun kembali negaranya.

Pemerintah Cile menyatakan tiga hari berkabung nasional dimulai dari Ahad besok untuk korban gempa dan tsunami. Akibat bencana itu, sekitar 800 orang tewas, jalan-jalan terbelah, jembatan ambruk, dan bangunan porak-poranda. Rasa frustrasi pun memuncak di antara para korban di kota-kota dan desa-desa kecil lataran tidak ada persediaan bantuan yang memadai.(NHK/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.