Sukses

Tentara Diturunkan untuk Cegah Penjarahan

Penjarahan yang terus terjadi di Cile, membuat Presiden Michelle Bachelet memutuskan menurunkan pasukan keamanannya untuk bersiaga-siaga di daerah yang kerap digunakan untuk menjarah.

Liputan6.com, Santiago: Ribuan tentara Cile diarahkan menuju daerah yang hancur diterjang gempa, setelah muncul laporan penjarahan dan pembakaran yang dilakukan para korban yang putus asa. Presiden Michelle Bachelet mengatakan total 7.000 pasukan akan segera berada di tempat-tempat sekitar daerah Concepcion.

Concepcion adalah kota terbesar kedua Cile yang paling dekat dengan pusat gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter. Setidaknya 723 orang telah dinyatakan tewas, dengan lebih dari 19 orang hilang. Diperkirakan jumlah akan terus bertambah.

Seperti diberitakan BBC News, Senin (1/3), Concepcion kerap menjadi tempat bentrok warga dan polisi disebabkan warga beramai-ramai menjarah toko-toko dan supermarket untuk mencari makanan.

Bachelet mengatakan, sekitar 7.000 tentara tambahan akan bergabung dengan pasukan yang sudah bersiaga di Provinsi Bio Bio dan Maule. Pasukan itu dikerahkan untuk membantu polisi menangani para penjarah yang mengisi penuh keranjang belanja dengan makanan, sedangkan yang lain berebutan mengambil barang-barang elektronik. Menurut polisi setempat, sekitar 160 orang ditangkap saat aksi penjarahan dan melanggar jam malam.

Bentrokan dengan penjarah juga menelan satu korban. Seorang pria, 22 tahun tewas setelah timah panas menerjang tubuhnya.(YUS) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini