Sukses

Peru Sumbang Bahan Konstruksi Untuk Cile

Pemerintah Peru akan menyumbangkan bahan konstruksi untuk Cile yang mengalami kerusakan hebat usai dihancurkan gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter.

Liputan6.com, Lima: Sumpati dan dukungan untuk korban gempa di Cile terus berdatangan. Salah satunya datang dari Pemerintah Peru yang berjanji akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan dan konstruksi untuk membantu memperbaiki kerusakan usai gempa dahsyat yang mengguncang negara tersebut.

"Sama seperti bantuan yang pernah diterima Peru dari negara-negara lain termasuk Cile saat gempa bumi di Ica, sekarang adalah waktu yang tepat untuk kita memberikan bantuan," kata Presiden Peru, Alan Garcia, seperti dikutip media lokal.

Garcia mengatakan, saat ini pemerintahnya masih menunggu permintaan dari pemerintah Cile. Beberapa pihak memperkirakan bahwa total kerusakan mencapai 15 miliar hingga 30 miliar dolar AS (sekitar Rp139-278 triliun lebih).

"Kami sedang menunggu pemerintah Chili untuk memberi tahu kami apa yang mereka butuhkan, seperti obat-obatan atau bahan bangunan. Saat ini terdapat bahan besi-baja  yang dapat kami beri untuk membantu rekonstruksi mereka," lanjut Garcia, seperti dilansir Xinhua, Ahad (28/2).

Di hari yang sama, Presiden Meksiko, Felipe Calderon dan Presiden Polandia Lech Kaczynski juga menyampaikan belasungkawa dan menawarkan dukungan kepada pemerintah dan rakyat Cile.

"Cile adalah negara yang bersama dengan Meksiko di saat-saat baik dan buruk, kami terikat oleh ikatan persaudaraan. Itulah sebabnya mengapa orang Meksiko sangat terluka oleh situasi sulit yang dihadapi Cile saat ini," kata Calderon dalam sebuah acara publik di Meksiko utara.

Presiden Polandia, Lech Kaczynski turut menyampaikan keprihatinanya lewat sebuah surat yang ditulis kepada Presiden Chili Michelle Bachelet. Dalamnya suratnya dituliskan, "Ini hal yang menyedihkan. Saya telah belajar tentang gempa bumi yang menewaskan dan melukai banyak orang."

"Dalam waktu yang sulit ini, saya ingin berbagi rasa sakit dan doa dengan keluarga korban," kata Presiden Polandia, dikutip oleh media Polandia. "Atas nama Bangsa Polandia dan saya sendiri, saya ingin menyampaikan simpati terdalam saya kepada keluarga yang terkena dampak, mereka yang terpaksa meninggalkan rumah mereka, dan orang yang terluka dalam bencana," katanya.

Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk juga telah mengirimkan surat bela sungkawa dan simpatinya kepada Bachelet. "Saya ingin meyakinkan anda tentang solidaritas Bangsa Polandia kepada rakyat Chili yang terkena bencana," kata Tusk.(RST/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini