Sukses

Tim Penyelamat Terus Bekerja

Tim penyelamat terus melakukan upaya penyelamatan kepada korban gempa Cile. Diyakini ratusan orang masih terkurung dibawah reruntuhan bangunan.

Liputan6.com, Santiago: Pemerintah Cile terus melanjutkan upaya menyelamatkan korban gempa bumi yang melanda negeri itu pada Sabtu (27/2). Lebih dari 700
orang dikonfirmasi telah menjadi korban dan jumlah dapat terus meningkat. Terlalu dini untuk mengatakan skala kerusakan, mengingat cakupan yang terlalu luas.

Polisi dan tim penyelamat terus melanjutkan upaya penyelamatan mereka di kota Concepcion, sekitar 100 kilometer sebelah selatan episentrum. Sekitar 100 orang disebut berada di bawah reruntuhan bangunan, seperti dilansir NHK, Senin (1/3).

Di ibukota Cile, Santiago, bandara internasional ditutup setelah menderita kerusakan berat. Di pesisir, banyak warga yang menghabiskan malam di udara terbuka, karena takut terjadi gempa susulan. Rumah sakit di negara tersebut pun turut kewalahan menerima jumlah orang yang terluka.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan tsunami mencapai pantai Cile dan menuju negara-negara Pasifik lain. Institusi itu mengatakan, tsunami yang melanda Pulau Robinson Crusoe 670 kilometer dari daratan Cile menewaskan sedikitnya lima orang dan 11 orang dinyatakan hilang.

Pusat mengatakan dua gelombang sekitar 2,3 meter menghantam Talcahuano, sekitar 100 kilometer sebelah selatan episentrum. Banyak rumah yang tergenang air laut dan perahu tersapu ke darat. Gelombang setinggi 1 meter juga menghantam Kahului di Pulau Maui, Hawaii.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.