Sukses

Gempa Guncang Pakistan dan Afghanistan

Gempa berkekuatan 5,7 skala Richter mengguncang Pakistan bagian utara dan Afghanistan. Belum ada laporan korban cedera ataupun terjadi kerusakan.

Liputan6.com, Islamabad: Kali ini bukan bom yang mengguncang Pakistan dan Afghanistan, tapi gempa. Sumber Associated Press, Ahad (28/2), menyebutkan gempa berkekuatan sedang mengguncang Pakistan bagian utara dan Afghanistan. Namun, belum ada laporan korban cedera ataupun terjadi kerusakan.

Pejabat Badan Meteorologi Pakistan Qamar Zaman Chaudhry mengatakan, gempa terjadi hari ini pukul 04.21 waktu setempat. Gempa terasa di bagian utara Pakistan serta di Kabul, ibu kota Afghanistan. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan kekuatan gempa 5,7 skala Richter. Berpusat di pegunungan Hindu Kush, sekitar 175 kilometer sebelah timur laut Kota Kabul.

Gempa bumi kerap mengguncang wilayah kedua negara. Pada 8 Oktober 2005, misalnya, gempa berkekuatan 7,6 SR menewaskan sekitar 80 ribu orang di barat laut Pakistan dan Kashmir. Serta, lebih dari tiga juta orang kehilangan tempat tinggal.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.