Sukses

Tsunami Kecil Hantam Kepulauan Jepang

Gelombang tsunami setinggi 90 sentimeter menghantam Kota Kuji, Prefektur Iwate, pukul 15.09 waktu Jepang. Selain itu, tsunami setinggi 40 sentimeter terjadi di Kota Choshi, Prefektur Chiba.

Liputan6.com, Tokyo: Gelombang tsunami kecil akibat gempa Cile berskala 8,8 SR di Cile, Ahad (28/2) petang waktu setempat mulai menghantam kepulauan Jepang yang bersebelahan dengan Samudra Pasifik setinggi sekitar satu meter.

Jaringan televisi Jepang, NHK, melaporkan gelombang tsunami setinggi 90 sentimeter menghantam Kota Kuji, Prefektur Iwate, pukul 15.09 waktu Jepang. Selain itu, tsunami setinggi 40 sentimeter terjadi di Kota Choshi, Prefektur Chiba. Gelombang laut setinggi 50 sentimeter tercatat terjadi di Onahama, Kota Iwaki, Prefektur Fukushima.

Sebelumnya, sekitar pukul 14.00, pemerintah Jepang telah mengeluarkan perintah evakuasi bagi 540 ribu warganya di sepanjang garis pantai, terutama wilayah yang bersebelahan dengan Samudra Pasifik. Mereka diungsikan ke tempat yang lebih tinggi.(ADD/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.