Sukses

Gara-gara Asmara Sesama Jenis, Asrama Ditutup

Gara-gara hubungan asmara sesama jenis, sebuah asrama putri di provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, ditutup dan 27 siswanya dikeluarkan.

Liputan6.com, KwaZulu-Natal: Gara-gara hubungan asmara sesama jenis, sebuah asrama putri di provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, ditutup dan 27 siswanya dikeluarkan, baru-baru ini. Dua gadis yang tertangkap basah berciuman di tempat itu mengatakan, para siswa lain juga terlibat hubungan asmara sesama jenis.

Menurut Aktivis hak asasi manusia di negara ini, tindakan pengelola sekolah menengah atas itu terlalu berlebihan. "Kecurigaan memang wajar. Tapi, tindakan penutupan itu berlebihan," katanya, seperti dikutip surat kabar Star.

Pihak Departemen Pendidikan Afrika Selatan juga langsung turun tangan dan menyelidiki laporan penutupan asrama. "Pihak sekolah tidak memiliki hak untuk menghapus atau mengusir para karena orientasi seksual mereka," kata juru bicara Departemen Pendidikan Afsel Sihle Mlotshwa.

Sementara ini, beberapa siswa yang belum dapat pulang ke rumahnya ditampung di rumah-rumah sekitar asrama. Dan hingga kini, nama sekolah itu belum dipublikasikan. Afrika Selatan adalah satu-satunya negara Afrika yang menjamin kebebasan atas diskriminasi terhadap kaum homoseksual.(BBC/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini