Sukses

Pabrik Garmen Terbakar, 21 Orang Tewas

Kebakaran yang terjadi di sebuah pabrik garmen di Bangladesh, menelan korban jiwa. Sebanyak 21 orang tewas, sedangkan 50 lainnya mengalami luka-luka.

Liputan6.com, Gazipur: Sebanyak 21 orang tewas dan 50 lainnya terluka dalam kebakaran di sebuah pabrik pakaian di Bangladesh, Kamis (25/2). Tim penyelamat telah didatangkan untuk mengevakuasi para korban dari lahapan api di Pabrik Garib & Garib Sweater.

Pabrik yang terletak di Gazipur, sekitar 50 kilometer utara Dhaka, ibu kota Bangladesh. Api berawal dari lantai dua pabrik tersebut. "Puluhan pekerja yang terperangkap di dalam mencoba menyelamatkan diri dengan melompat keluar," ujar anggota pemadam kebakaran, seperti dikutip BBC.

Si jago merah mengamuk selama dua jam. Diduga kuat, lemahnya standar keselamatan dan miskinnya kabel yang menyebabkan seringnya terjadi kebakaran pabrik setiap tahun di Bangladesh.

Sejauh ini lebih dari dua juta orang dipekerjakan di industri tekstil di Bangladesh. Mereka memproduksi pakaian untuk beberapa merek terkenal di dunia.

Bangladesh memiliki lebih dari 4.000 pabrik. Sebagian besar pendapatan negara berasal dari penjualan pakaian siap pakai ke seluruh penjuru dunia. Sayangnya, upah minimum karyawan di Bangladesh, hanya dibayar kurang dari US$ 25 atau sekitar Rp 233 ribu per bulan.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini