Sukses

Cina Protes Pertemuan Obama-Dalai Lama

Cina memprotes keras pertemuan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dengan Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama di Gedung Putih Kamis (18/2). Beijing menganggap pertemuan tersebut sebagai cerminan bahwa Gedung Putih tak mampu merawat hubungannya dengan Cina

liputan6.com, Beijing: Seperti yang diduga sebelumnya, pertemuan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dengan pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama, Kamis (18/2) kemarin di Gedung Putih mengundang reaksi keras pemerintah Cina.

Dalam sebuah situs, Juru bicara kementerian Luar Negeri Cina, Ma Zhaoxu menyatakan sangat kecewa dan secara tegas menolak pertemuan Presiden Barrack Obama dengan Dalai Lama. Beijing menganggap pertemuan tersebut sebagai cerminan bahwa Gedung Putih tak mampu merawat hubungannya dengan Cina, seperti ditulis Associated Press, Jum'at (19/2).

Sementara dalam situs kantor berita Cina, Xinhua, Ma Zhaoxu menyebutkan Cina meminta langkah kongkrit AS untuk menjaga hubungan setelah pertemuan Obama dengan Dalai Lama. Zhaoxu juga menuduh AS melanggar norma pemerintahan dalam hubungan internasional serta melanggar perjanjian kesepakatan kedua negara yang selama ini ditandatangani. Kesepakatan itu menyebutkan bahwa AS hanya mengakui Tibet sebagai bagian dari negara Cina dan tidak mendukung "kemerdekaan Tibet".

Xinhua juga menyebutkan, Zhaoxu meminta langkah serius dan nyata AS untuk menghentikan segala tindakan intervensi yang bisa menimbulkan gerakan anti Cina untuk "kemerdekaan Tibet".

Hubungan Gedung Putih dengan Beijing diperkirakan makin memanas setelah Presiden Barack Obama bertemu Dalai Lama di Gedung Putih. Sebelumnya hubungan kedua negara menegang akibat isu penjualan senjata AS ke Taiwan dan tuduhan memata-matai Cina melalui dunia cyber.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini