Sukses

Bahas Kerjasama, Hillary Kunjungi Markas OKI

Menlu AS Hillary Clinton kunjungi Markas Besar Organisai Konferensi Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi, untuk membahas kerjasama Islam dengan negara barat. Hillary juga membahas perundingan damai Israel dan Palestina.

Liputan6.com, Jeddah: Mentri Luar Negri Amerika Serikat Hillary Clinton mengunjungi Markas Besar Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi, dan bertemu dengan Sekretaris Jendral OKI Prof.dr. Ekmeleddin Ihsanoglu. Kunjungan tersebut termasuk dalam agenda lawatannya ke Timur Tengah dan pada pekan ini.

Ihsanoglu memandang kunjungan tersebut sebagai suatu perkembangan positif bagi hubungan Islam dan barat. "Kunjungan Hillary ke markas besar OKI dipandang sebagai kunjungan bersejarah dan akan membuka horizon baru bagi kerja sama dan mempererat hubungan antara dunia Islam dan AS," ujar Insanoglu seperti dikutip Antara Rabu (17/2).

Istri mantan Presiden AS Bill Clinton ini juga membahas tersendatnya proses perdamaian Israel-Palestina. Ia berharap perundingan serius antara Israel dan Palestina akan dimulai tahun ini.

"Saya sangat berharap supaya tahun ini bisa menyaksikan dimulainya perundingan serius antara kedua belah pihak," kata perempuan bernama lengkap Hillary Rodham Clinton itu. Sebab, tambah Hillary, perdamaian antara kedua pihak juga termasuk dalam tekad Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.

Sebelum mengunjungi OKI, Hillary juga sempat bertemu dengan Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz, Senin (15/2) kemarin malam sekaligus mengakhiri lawatannya ke negara-negara teluk. Lawatan ke sejumlah negara di Timur Tengah ini sekaligus dimaksudkan sebagai penggalangan dukungan untuk menghentikan proyek nuklir Iran.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini