Sukses

Tentara Afghanistan Tewaskan 32 Anggota Taliban

Pertempuran antara tentara keamanan Afghanistan dengan militan Taliban di Afghanistan Selatan, menewaskan 32 gerilyawan Taliban dan tiga tentara Afghanistan

Liputan6.com, Kabul: Pertempuran antara tentara keamanan Afghanistan dengan militan Taliban di Afghanistan Selatan, menewaskan 32 gerilyawan Taliban dan tiga tentara Afghanistan. Baku tembak terjadi di desa Khan Khushal, distrik Nad Ali, Provinsi Helmand, tempat dimana marinir AS berencana melakukan operasi besar melawan pemberontak. Wilayah itu dianggap sebagai benteng utama terakhir Taliban di provinsi Helmand, seperti dilansir CNN, Kamis (4/2).

Marinir berencana melancarkan aksinya di Marjah, sebuah kota dengan 80.000 sampai 100.000 orang penduduk di distrik Nad Ali, yang dianggap berada di bawah kontrol Taliban. Pemberontakan tersebut ada hubunganya dengan ketegangan yang terjadi di perbatasan Pakistan, provinsi Nimruz dan Farah.

Pemimpin operasi marinir, Kolonel George Amland mengatakan, "Operasi akan mengubah ekosistem wilayah ini secara signifikan." Amland tidak menyebutkan kapan operasi tersebut akan mulai, tetapi nampaknya akan segera dilakukan. Ia mencatat bahwa sekitar 30.000 pasukan tambahan AS akan dikirim ke Afghanistan oleh Presiden Obama dan menyertakan kontingen besar pasukan keamanan Afghanistan. Operasi tersebut akan mengikuti operasi besar lainnya di Helmand, seperti Cobra's Anger pada bulan Desember dan Khanjar pada musim panas lalu.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini