Sukses

Cara Baru Bagikan Bantuan Korban Gempa

PBB hanya memberikan bantuan makanan korban gempa Haiti kepada kaum perempuan. Cara baru ini dilakukan untuk mengurangi tindak kekerasan saat pembagian bantuan.

Liputan6.com, Port-Au-Prince: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai selektif mendistribusikan bantuan makanan korban gempa Haiti. Kali ini, organisasi itu hanya membagikannya kepada kaum wanita, Ahad (31/1). Cara ini diyakini efektif, mencegah kericuhan yang selalu terjadi setiap pembagian bantuan digelar.

Menurut penilian PBB, kaum pria dinilai lebih mudah terpicu emosi saat antre bantuan. Namun, kaum pria diperbolehkan mengantre jika anggota keluarga perempuan tidak bisa datang. Dan untuk memperoleh bantuan yang dibagikan, warga harus mengantre mendapatkan kupon.

Di stadion di kota itu terdapat 16 titik penukaran kupon dengan paket berisi makanan, antara lain ikan sarden, daging sapi, dan air mineral. Selain menerima bahan makanan, setiap ibu juga menerima sekantong beras yang akan dibagikan setiap hari selama dua pekan ke depan. Setiap kantong bantuan diperuntukkan bagi enam anggota keluarga selama 14 hari.(YNI/SHA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini