Sukses

AS Didesak Hormati Kebijakan Cina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Ma Zhaoxu mengatakan seruan Amerika Serikat tentang kebabasan informasi di dunia maya membahayakan hubungan Cina-AS.

Liputan6.com, Beijing: Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Ma Zhaoxu mengatakan seruan Amerika Serikat tentang kebabasan informasi di dunia maya membahayakan hubungan Cina-AS. "Kami mendesak Amerika Serikat mau menghormati kenyataan serta menghentikan apa yang dikatakan, kebebasan Internet untuk mengkritik Cina secara tak logis," kata Ma melalui situs internet kementerian luar negeri Cina, Jumat (22/1). Ma mengharapkan, kedua negara saling menghormati kepentingan dan keprihatinan masing-masing.

Seperti diberitakan ANTARA, pernyataan ini disampaikan setelah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengkritik sensor Cina terhadap mesin pencari Google [baca: Hillary Clinton Dibuat Pusing Soal Google]. Hillary juga mendesak penyelidikan seksama atas serangan pada Google dan perusahaan AS. Cina dan AS terlibat perselisihan mengenai ancaman Google meninggalkan Cina menyusul serangan terhadap data di mesin pencari terbesar di dunia itu. Google juga mensinyalir serangan itu dimaksudkan untuk melenyapkan berbagai pernyataan di surat elektronik para aktivis hak asasi manusia di Cina.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini