Sukses

Diplomat Swedia yang Ditahan Dibebaskan Iran

Diplomat Swedia yang ditahan Irak selama dua minggu telah dibebaskan kemarin. Sang diplomat ditangkap karena dituduh ikut berpartisipasi dalam demonstrasi Iran pada peringatan hari suci Islam Asyura, 27 Desember lalu.

Liputan6.com, Iran: Seorang diplomat Swedia ditangkap karena dituduh ikut berpartisipasi dalam demonstrasi Iran pada peringatan hari suci Islam Asyura, 27 Desember lalu. Namun diplomat Swedia itu menyangkal keterlibatannya dalam aksi protes tersebut. Kantor berita Mehr melaporkan, diplomat Swedia itu kemudian dibebaskan, demikian dilansir CNN (10/1).

Anders Jorle, juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan, "Ia ditangkap setelah ditemukan tidak membawa kartu identitas. Ia ditangkap oleh para pejabat Iran yang menganggapnya terlibat pada demonstrasi yang mencampuri urusan internasional."

Anggota parlemen Iran Komite Keamanan Nasional, Alaedin Boroujerdi mengatakan kepada Mehr, "Berdasarkan hukum dan norma-norma internasional, diplomat tidak bisa ditahan atau ditangkap. Tapi karena ia sedang berada di tengah-tengah orang yang mengusik perdamaian, awalnya ia ditangkap tapi kemudian ia dibebaskan ketika diketahui ia adalah seorang diplomat."(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini