Sukses

Piala Dunia Berlangsung, Penderita AIDS Bertambah?

Setengah juta penggemar sepakbola diprediksi akan mengunjungi Afrika Selatan untuk Piala Dunia. Faktanya setengah dari pelacur Afrika Selatan membawa virus HIV.

Liputan6.com, Afrika Selatan: Sejumlah pihak telah memperingatkan, ajang Piala Dunia 2010, bisa menjadi bencana kesehatan bagi masyarakat, khususnya terkait penyakit AIDS. Setengah juta penggemar sepakbola diprediksi akan mengunjungi Afrika Selatan untuk Piala Dunia. Faktanya setengah dari pelacur Afrika Selatan membawa virus HIV. Karena itu pemerintah Afrika Selatan diminta menertibkan prostitusi agar dapat mengatasi penyebaran HIV.

Meski tidak ada angka yang akurat dari jumlah pekerja seks di Afrika Selatan, namun diperkirakan di Cape Town sendiri ada 3.000 pekerja seks. PBB memperkirakan sebanyak 5,7 juta orang Afrika Selatan telah terjangkit HIV positif.

Selama bertahun-tahun, telah ada penyuluhan pendidikan dan kesadaran kerja untuk kalangan pekerja seks. Sebagian besar pekerja seks, melakukan praktik seks dengan aman. Namun banyak klien yang tidak mau menggunakan kondom. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.