Sukses

Dubai Resmikan Menara Tertinggi di Dunia

Pemerintah Dubai meresmikan menara tertinggi di dunia, Burj Dubai dengan pesta kembang api di Dubai, Uni Emirat Arab. Iran menahan beberapa warga asing yang terlibat dalam kerusuhan Hari Asyura, 27 Desember silam.

Liputan6.com, Dubai: Pemerintah Dubai meresmikan menara tertinggi di dunia, Burj Dubai dengan pesta kembang api di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (4/1). Menara setinggi 828 meter ini atau sekitar enam kali tinggi Menara Monumen Nasional Jakarta diresmikan penguasa Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Gedung yang terletak di pusat kota ini memiliki 124 lantai. Dari puncak menara seluruh pemandangan Dubai bisa terlihat jelas. Burj Dubai diperkirakan dapat menampung 12 ribu orang.

Sebagian wilayah distrik Coonamble dan Bourke di New South Wales, Australia, terisolasi akibat banjir sejak pekan silam. Meski prediksi cuaca menyebut hujan deras sudah berlalu, keadaan sungai dan bendungan di kedua wilayah masih mengkhawatirkan. Sekitar 1.200 warga disarankan mengungsi menghindari ancaman banjir dari Sungai Castlereagh. Perdana Menteri Negara Bagian New South Wales Kristina Keneally menyatakan distrik Coonamble dan Bourke sebagai wilayah bencana agar mendapat bantuan pemerintah federal lebih cepat.

Di Eropa, cuaca ekstrem terus berlanjut. Di Jerman, suhu udara mencapai minus 20 derajat Celcius mengakibatkan timbunan salju dan menyulitkan warga yang mulai bersiap bekerja setelah libur akhir tahun. Sementara di Polandia, suhu dingin yang mencapai minus 25 derajat Celcius membuat sejumlah sungai tertutup lapisan es.

Beralih ke Timur Tengah. Iran menahan beberapa warga asing yang terlibat dalam kerusuhan Hari Asyura, 27 Desember silam. Mereka yang ditahan diketahui membawa kamera dan sejumlah peralatan penting. Menteri Intelijen Iran Heydar Moslehi tidak membeberkan kewarganegaraan para tersangka. Namun mereka diduga memiliki agenda untuk menyebarkan propaganda di Iran. Lebih dari 500 orang ditangkap dan delapan lainnya tewas dalam kerusuhan Hari Asyura.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini