Sukses

Warga Israel Kecam Perang Gaza

Aktivis perdamaian Israel mengecam perang Gaza yang telah merenggut lebih 1.400 warga Palestina. Mereka menuntut Israel membuka blokade atas Gaza.

Liputan6.com, Tel Aviv: Ratusan aktivis perdamaian Israel, Ahad (3/1), berunjuk rasa di Tel Aviv memperingati satu tahun perang Gaza. Dalam unjuk rasa itu, para pendemo juga sempat mendengungkan isu kejahatan terhadap kemanusiaan. Meski peserta unjuk rasa adalah warga Israel, namun mereka tetap mengutuk agresi negaranya terhadap Gaza yang telah menewaskan 1.400 warga Palestina yang sebagian besar penduduk sipil.

Pengunjuk rasa juga mengecam blokade yang dilakukan pemerintah Israel atas Gaza serta menuntut agar aksi tersebut segera dicabut. Pendemo menilai blokade tersebut adalah suatu bentuk teror, kejahatan perang sekaligus kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kecaman juga mengalir dari kelompok Yahudi antizionisme, Neturei Karta. Mereka mengisi Hari Sabbath Yahudi dengan mengunjungi Gaza City. Dalam kesempatan itu, perwakilan kelompok menyampaikan permohonan maaf atas perang Gaza dan menyatakan dukungannya terhadap warga Palestina.

Neturei Karta menolak negara Israel karena dinilai bertentangan dengan kitab Torah. Menurut keyakinan kelompok itu, tanah yang dijanjikan akan diperoleh bangsa Yahudi bila Messiah turun bukan dengan jalan agresi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini