Sukses

Digagalkan, Serangan Terorisme di Pesawat Komersial AS

Seorang penumpang diduga berusaha meledakkan pesawat Northwest Airlines saat bersiap mendarat di Bandara Detroit, Amerika Serikat. Tersangka ditengarai terkait dengan jaringan kelompok Al Qaeda.

Liputan6.com, Detroit: Tepat pada Hari Natal, seorang penumpang diduga berusaha meledakkan pesawat Northwest Airlines saat bersiap mendarat di Bandara Detroit, Amerika Serikat, Jumat (25/12) waktu setempat. Seorang saksi mata menuturkan, ia mencium bau asap dan mendengar suara mirip kembang api dari tubuh pelaku yang belakangan diketahui berkewarganegaraan Nigeria itu.

Kemudian seorang penumpang melompat ke arah pelaku. Insiden ini sempat membuat panik 289 penumpang pesawat komersial AS itu. Tersangka yang diidentifikasi berusia 23 tahun itu langsung ditahan dengan luka bakar cukup parah karena api membakar salah satu kakinya.

Sejauh ini polisi masih menyelidiki motif tersangka. Dugaan sementara mengarah pada aksi terorisme. Dilaporkan pula tersangka ditengarai terkait dengan jaringan kelompok Al Qaeda. Akibat insiden ini pengawasan diperketat di seluruh bandara AS yang melayani rute domestik maupun internasional.

Tiga tahun silam, pesawat Northwest Airlines yang terbang menuju Mumbai, India, diperintahkan kembali ke Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda. Pesawat diduga akan menjadi target serangan teroris. Sepanjang perjalanan balik ke Bandara Schiphol, pesawat dikawal dua jet tempur F-16 Belanda [baca: Pesawat Komersial Milik AS Diduga Didomplengi Teroris].(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini