Sukses

Dua Gereja Irak Dibom

Dua bom yang menghantam gereja di Mosul, Irak, menewaskan tiga orang dan beberapa orang menderita luka-luka.

Liputan6.com, Mosul: Dua bom meghantam dua gereja Kristen, barubaru ini di Mosul, Irak. Peristiwa ini menewaskan tiga orang dan beberapa orang lainnya menderita luka-luka. Gereja yang diserang diantaranya adalah gereja St. George dan gereja ortodoks St. Thomas.

Kedua gereja itu merupakan gereja tua bersejarah dan penuh nilai-nilai budaya. Salah satu bom di gereja Saint George diletakkan di gerobak berisi sayur mayur. Bom itu memakan korban satu orang kasdim Kristen dan dua orang Muslim. Tampaknya yang menjadi sasaran dari serangan itu adalah polisi di distrik Khazraj.

Seorang sumber mengatakan kepada AsiaNews, bahwa situasi orang-orang Kristen semakin memburuk, mengingat bangunan-bangunan ibadah Kristen kembali menjadi target teroris. Dalam enam minggu terakhir, empat gereja dan biara biarawati Dominikan telah diserang di Mosul.

Bom yang diletakkan di mobil itu menyebabkan kerusakan serius pada bangunan dan rumah-rumah penduduk Kristen dan Muslim yang berdekatan. Lima orang Kristen dibunuh dan yang lainnya diculik dengan meminta tebusan. Serangan ini bertarget pada "pembersihan etnis" dalam tindakan melawan komunitas Kristen di seluruh Irak.

Uskup Agung dari Kirkuk, Louis Sako mengatakan bahwa ini adalah pesan teror yang terjadi dua hari sebelum Natal. Ia berharap pada Natal akan memberkahi seluruh negeri, "Kita ingin bekerja sama membangun perdamaian dan harapan di dalam hati semua pria dan wanita Irak."(AST/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini