Sukses

India Gelar Kontes Kecantikan Waria

Peserta Kontes Kecantikan Waria bersaing memperebutkan juara di negara yang untuk pertama kali mengadakan kontes tersebut.

Liputan6.com, Chennai: Lebih dari 100 peserta bersaing memperebutkan posisi Miss Waria paling cantik yang untuk pertama kalinya digelar di India pada Sabtu (19/12) waktu setempat. Acara yang dilangsungkan di selatan kota Chennai itu sangat unik, karena transeksual hanya terjadi di masyarakat pinggiran yang berusia antara 20-35 tahun dari seluruh India.

Hariharan adalah  sekretaris pendiri dari Organisasi Kesejahteraan Masyarakat India (ICWO), yang mengadakan kontes dan bekerja untuk hak-hak kaum gay, lesbian, dan transgender Bisexuals orang-orang di Chennai.

Kareena, model 25 tahun dari pusat keuangan barat Mumbai menjadi pemenangnya; sementara, Romi 23 tahun, ahli kecantikan dari timur laut negara bagian Manipur, menempati posisi kedua. Juara ketiga diraih Padmini, 25 tahun, seorang instruktur tari yang difavoritkan banyak orang.

Selain pemenang kategori "Miss India", mahkota juga diberikan kepada kontestan yang memenangi kategori "Miss Beatiful Hair", "Miss Beautiful Eyes" dan "Miss Beatiful Skin".

Menurut Hariharan pertemuan komunitas transgender terjadi beberapa bulan yang lalu, saat mereka mendiskusikan berbagai acara untuk membawa mereka masuk ke dalam masyarakat.  "Kami pikir ini akan menciptakan kesempatan bagi masyarakat transgender untuk menunjukkan keahlian mereka, menciptakan sebuah platform untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi, diskriminasi, marjinalisasi dan kesalahpahaman," ujarnya. Kontes ini merupakan serangkaian upaya baru untuk mendobrak tabu selama ini. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.