Sukses

Kelly Kwalik Akan Dimakamkan Dekat Bandara Timika

Panglima OPM, Kelly Kwalik, rencananya dikuburkan di areal Bandar Udara Mozes Kilangin, Timika, Papua. Penyerahan jenazah Kwalik dari polisi kepada keluarga diharapkan bisa dilakukan Sabtu siang ini.

Liputan6.com, Timika: Panglima Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kelly Kwalik, akan dikuburkan di areal Bandar Udara Mozes Kilangin, Timika, Papua. Menurut anggota DPRD Mimika, Karel Gwijangge, kepada ANTARA, Sabtu (19/12), hal ini diputuskan dalam pertemuan keluarga dengan polisi, dan anggota Dewan kemarin malam.

Meski menyepakati tempat pemakaman Kwalik di Bandara Mozes Kilangin Timika, namun belum dipastikan waktu pemakamannya. Seluruh prosesi penyerahan jenazah hingga pemakaman Kwalik akan dipusatkan di halaman Kantor DPRD Mimika demi menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

Karel menjelaskan, saat ini jasad Kwalik masih disimpan di ruang jenazah Rumah Sakit Mitra Masyarakat Timika menunggu Kepolisian Daerah Papua menyerahkannya kepada Presidium Dewan Adat Papua (DAP). Setelah diterima Presidium DAP, jenazah Kwalik akan diserahkan ke Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme dan Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan.

Selanjutnya jenazah diberikan ke keluarga Papua, yakni semua suku di Papua dari Sorong hingga Merauke. Karel mengakui ada permintaan keluarga kepada polisi agar Kwalik dimakamkan dengan upacara kebesaran sebagai pejuang Papua. Namun dengan pertimbangan situasi kamtibmas di Timika, permintaan itu tidak dapat dikabulkan.

Karel berharap penyerahan jenazah Kwalik ke keluarga sudah bisa dilakukan siang ini. Pihak kepolisian sudah menepati janji untuk memulangkan jenazah tokoh pejuang Papua itu dari Jayapura ke Timika dalam waktu tiga hari [baca: Jenazah Kwalik Diserahkan Hari Ini].

Massa pendukung Kwalik sudah tiga malam begadang di Kantor DPRD Mimika untuk mengungkapkan duka cita mereka. Polisi dan tentara terus bersiaga menjaga sejumlah aset vital pemerintah di Timika.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.