Sukses

Unjuk Rasa Perubahan Iklim Digelar di Sejumlah Negara

Unjuk rasa terkait masalah perubahan iklim dunia digelar di sejumlah negara seperti Filipina, Cina, Taiwan, dan juga Indonesia.

Liputan6.com, Sydney: Unjuk rasa menuntut tindakan nyata terhadap perubahan iklim digelar di sejumlah negara. Ribuan warga Australia memadati jalanan kota Sydney meminta para pemimpin dunia dan delegasi 192 negara di Konferensi Tingkat Tinggi di Kopenhagen, Denmark, untuk segara menyepakati target pengurangan emisi gas karbon dan memberi bantuan dana kepada sejumlah negara miskin.

Aksi serupa juga digelar di Manila, Filipina. Para pendemo menggelar aksi dengan membubuhi cap tangan di papan sebagai bentuk dukungan untuk menyelamatkan bumi.

Di Beijing, Cina, sekitar 600 aktivis pencinta lingkungan menuntut para delegasi membuat kemajuan dalam KTT. Berbeda dengan Manila, para pengunjuk rasa di Beijing memberikan dukungan dengan berkeliling membawa pohon natal.

Sementara itu di Taipei, Taiwan, ratusan pengunjuk rasa menggelar aksi bisu di stasiun utama Taipei. Pendemo menuntut diterapkannya pajak energi kepada berbagai perusahaan milik negara sebagai cara menekan produksi gas karbondioksida.

Indonesia pun tak ketinggalan dalam isu ini. Ratusan aktivis yang tergabung dalam Koalisi Global Untuk Perubahan Iklim berunjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat. Mereka mengecam sikap AS yang menolak mengucurkan dana kepada beberapa negara miskin [baca: Ratusan Aktivis Lingkungan Tuntut Komitmen Negara Maju].(WIL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.