Sukses

Warga Kashmir Kecam Pelanggaran HAM

Warga Kashmir, India, berdemonstrasi sambil menyalakan obor dan mengecam pelanggaran HAM. Di Manila, Filipina, ratusan demonstran mengusung peti mati perlambang tragedi pembantaian politik dua pekan lalu.

Liputan6.com, Srinagar: Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia di berbagai negara, Kamis (10/12), diwarnai sejumlah demonstrasi. Di Srinagar, Kashmir, misalnya, ratusan orang yang tergabung dalam Front Pembebasan Kashmir bergerak di sepanjang jalan utama Kota Srinagar. Dengan membawa obor mereka meneriakkan slogan-slogan pro-kemerdekaan. Wilayah Kashmir sejak dulu menjadi rebutan dua negara, India dan Pakistan. Lebih dari 68 ribu nyawa terenggut dan sebagian besar di antaranya warga sipil.

Sedangkan di Filipina, peringatan Hari HAM Sedunia mengangkat tema utama insiden pembunuhan masal yang menewaskan 57 orang di Provinsi Maguindanao, dua pekan silam. Dengan mengusung peti mati tiruan lambang duka mendalam akibat pembantaian bermotif politik itu, ratusan aktivis HAM turun ke ruas jalan di ibu kota Filipina, Manila. Demo berakhir di depan Kantor Biro Investigasi Nasional tempat ditahannya Andal Ampatuan Junior, salah seorang dalang pembantaian.(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini