Sukses

Bongkahan Es Bergerak Menuju Australia Barat

Bongkahan es yang patah dari lempengan Es Ross di Samudera Antartika kini bergerak menuju pantai selatan di Australia Barat. Es raksasa itu bakal mencair setelah memasuki kawasan perairan Australia yang hangat.

Liputan6.com, Canbera: Gambar satelit yang diambil pada 1-7 Desember, menunjukkan bongkahan es seluas 140 kilometer persegi hanyut secara perlahan dari Samudera Antartika. Kamis (10/12), bongkahan es tersebut terus bergerak menuju pantai selatan di Australia Barat, Canbera. Kendati demikian, es raksasa itu diyakini bakal mencair setelah memasuki kawasan perairan Australia yang hangat.

Perjalanan bongkahan es yang diberi nama B17B ini ternyata berawal sekitar 10 tahun silam, ketika gunung es itu patah dari lempengan Es Ross di Antartika. Bongkahan raksasa es tersebut ditemukan pekan lalu di sekitar 1.700 kilometer lepas pantai Australia. Selengkapnya simak video berita ini.(ASW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.