Sukses

Bentrokan di Athena Berlanjut, Ratusan Pendemo Ditangkap

Bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi di Athena, Yunani, terus berlanjut. Ratusan orang ditangkap dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum.

Liputan6.com, Athena: Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi di Athena, Yunani, terus berlanjut hingga Senin (7/12) dini hari waktu setempat. Polisi menangkap 177 orang di Athena dengan tuduhan mengganggu ketentraman umum, dan 103 lainnya ditangkap di Thesaloniki. Bentrokan juga terjadi di Patras dan Ionnina.

Kericuhan berawal dari peringatan satu tahun kematian seorang remaja bernama Alexandros Grigoropoulos yang tewas tertembak polisi tahun lalu. Aksi berlangsung di beberapa lokasi, antara lain di sekitar Universitas Athena. Sekitar 200 pengunjuk rasa bertopeng memasuki kampus dan mengganti bendera Yunani dengan spanduk anarkis, serta mencongkel batu dan tangga kampus untuk dilemparkan ke polisi.

Puluhan orang terluka termasuk Rektor Universitas Athena yang dilarikan ke ruang perawatan intensif, dan 16 polisi. Sejumlah gedung dan fasilitas juga rusak [baca: Unjuk Rasa di Athena Berujung Rusuh]. Untuk meredam agar aksi massa tak meluas, lebih dari 6.000 polisi bersiaga di sejumlah ruas jalan kota. Polisi menuding pengunjuk rasa sengaja memprovokasi polisi agar situasi menjadi rusuh, namun pengunjuk rasa balik menuding polisi yang lebih dulu bertindak represif. Selengkapnya simak video berikut.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.