Sukses

Ribuan Kamera Pantau Aktivitas Jemaah Haji

Lebih dari 1.800 kamera pemantau ditempatkan Pemerintah Arab Saudi untuk memantau aktivitas jemaah haji agar pelaksanaan haji berjalan aman dan lancar.

Liputan6.com, Mina: Lebih dari 2,5 juta jemaah haji berkumpul untuk melaksanakan puncak ibadah haji atau wukuf di Arafah, Arab Saudi, Rabu (25/11) malam WIB. Agar pelaksanaan wukuf berjalan aman serta lancar, pemerintah Arab Saudi menempatkan lebih dari 1.800 kamera pemantau.

Pada saat pelaksanaan wukuf, SCTV diberi kesempatan masuk ke dalam ruang traffic control atau ruang pengendali yang memantau semua aktivitas jemaah haji di Mina. Selain di Mina, ruang pengendali ini juga memantau aktivitas jemaah haji di Mekah dan tempat lainnya, seperti tempat pemotongan hewan. "Dari sini kami dapat mengontrol aktivitas jemaah haji. Jika ada masalah, kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait," kata Mayor Jenderal Khalid Fahad Shunaber, Komandan Pengamanan Haji.

Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para jemaah haji, Pemerintah Arab Saudi juga telah mengoperasikan 25 terowongan yang menghubungkan Mekah dan Arafah. Jumlah tersebut belum termasuk terowongan serta jembatan layang yang menghubungkan Mina dan tempat melempar jumrah.

Pemerintah Arab Saudi saat ini terus melakukan pembangunan untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji tahun-tahun mendatang. Salah satunya adalah proyek perluasan pelataran Masjidil Haram yang diperkirakan selesai pada 2020. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.