Sukses

Jemaah Antre Karena Toilet Tak Memadai

Untuk 2.000 jemaah hanya tersedia 10 toilet. Permasalahan lain, sampah-sampah berbau menumpuk persis di depan pemondokan haji.

Liputan6.com, Mekah: Setiap azan subuh menjelang, jemaah Indonesia selalu antre ke toilet. Mulai sekadar hendak berwudhu hingga membersihkan diri. Namun untuk sekitar 2.000 jamaah hanya tersedia 10 toilet. Alhasil jemaah musti antre lama.

Waktu untuk antre pun tidak sebentar. Paling cepat setengah jam lebih waktu terbuang. Sebagian jemaah jadi tidak sabar. Ada yang menyikat gigi di luar toilet. Sampai ada yang buang air pun di luar toilet!

Belum lagi fasilitas toilet tidak memadai. Air toilet menetes terus menerus. Lantai basah dan tidak bersih. Yang lebih parah lagi ada insiden kecelakaan di toilet. Karena lantainya terbuat dari fiber, tiga orang jemaah perempuan terjatuh ke lubang kamar mandi lantaran fibernya rontok.

Rupanya masalah jamaah haji tidak hanya soal fasilitas kamar mandi. Tumpukan sampah-sampah berbau menumpuk persis di depan pemondokan haji. Simak dalam tayangan berita berikut.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini