Sukses

Persiapan Wukuf Disiarkan Lewat Media

Pemerintah Arab Saudi melakukan berbagai persiapan menyambut wukuf di Arafah. Di antaranya mengimbau jemaah haji melalui media massa mengenai tempat-tempat penting yang harus diketahui bila terjadi keadaan darurat saat wukuf nanti.

Liputan6.com, Mekah: Pemerintah Arab Saudi telah melakukan berbagai persiapan menyambut masa wukuf di Arafah. Di antaranya memberitahu jemaah haji melalui berbagai media massa mengenai petunjuk jalur jalan, rumah sakit, nomor telepon, serta tempat-tempat penting lainnya yang harus diketahui jemaah bila terjadi keadaan darurat saat wukuf nanti.

Sementara bagi calon haji yang sakit atau tengah dirawat di rumah sakit, maka akan "disafariwukufkan". Safari wukuf adalah membawa anggota jemaah yang sedang sakit ke Padang Arafah dengan ambulans atau fasilitas lainnya saat pelaksanaan wukuf. Saat ini lebih dari 3.000 anggota jemaah yang sakit dan sekitar 130 orang dirawat di rumah sakit di Arab saudi. Mereka akan dibawa ke Arafah sehingga haji yang diniatkan menjadi sah meski dalam kondisi sakit.

Wukuf di Arafah adalah salah satu syarat sah haji. Bila rukun ini tidak dilaksanakan, maka tidak sah haji seseorang. Seluruh jemaah haji yang jumlahnya jutaan akan berkumpul di Padang Arafah, 9 Zulhijjah mendatang. Simak selengkapnya video berita ini.(YNI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.