Sukses

Tolak Serahkan Penyu, Warga India Doa Massal

Ratusan penduduk sebuah desa di India enggan menyerahkan seekor kura-kura kepada pihak berwenang. Pasalnya, mereka menganggap kura-kura itu adalah inkarnasi dewa.

Liputan6.com, Bhubaneswar: Ratusan penduduk miskin sebuah desa Hindu di India enggan menyerahkan seekor kura-kura kepada pihak berwenang. Pasalnya, menurut mereka kura-kura itu adalah inkarnasi dari dewa umat Hindu, Tuhan Jagannath. Demikian diutarakan pejabat setempat pada Selasa (10/11), seperti dilansir Reuters.

Demi mencegah diambilnya kura-kura tersebut, penduduk melantunkan pujaan-pujaan, membawa kalung bunga, mangkuk nasi, dan buah-buahan, dari desa-desa terpencil ke sebuah kuil di Kendrapara, negara bagian Orissa, India. Akibatnya, polisi harus berjuang untuk mengendalikan mereka, meski gagal membujuk penduduk untuk menyerahkan penyu tersebut.

Menurut pejabat senior margasatwa PK Behera, menahan penyu adalah tindakan ilegal. Pasalnya, di India penyu sangat dilindungi. Dan jika ada yang tertangkap memelihara tanpa izin, maka dia bisa dipenjara selama setahun atau lebih serta dikenai denda.

"Tuhan Jagannath telah mengunjungi desa kami dalam wujud kura-kura," ujar seorang pendeta kuil, Ramesh Mishra. "Kami tidak akan membiarkan siapa pun mengambil penyu itu."(IRN/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.