Sukses

Iran Pertimbangkan Proposal Nuklir PBB

Menlu Iran Manoucher Mottaki mengisyaratkan, Teheran menyetujui proposal kesepakatan PBB tentang pengiriman uraniumnya ke Rusia. Namun demikian, Mottaki menegaskan Teheran tetap berniat melanjutkan pengayaan uranium sendiri.

Liputan6.com, Teheran: Persetujuan Iran soal proposal kesepakatan yang digagas badan pengawas atom dari lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Wina, Austria, diisyaratkan Menteri Luar Negeri Iran Mannoucher Mottaki, Senin (26/10) waktu setempat.
 
Teheran kini tengah mengkaji ulang proposal yang mewajibkan Iran mengirim 70 persen simpanan uraniumnya untuk dikayakan di Rusia dan Perancis sebagai bahan bakar reaktor penelitiannya, dan akan mengumumkan pandangan mereka dalam waktu dekat. Kendati demikian, Teheran menegaskan akan tetap melanjutkan program pengayaan uraniumnya. Hal tersebut menuai reaksi keras dunia barat yang khawatir Iran dapat membuat senjata nuklir dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Teheran juga dilaporkan sempat menolak proposal tersebut. Alasannya, lebih mudah membeli bahan bakar reaktor penelitiannya daripada mengirimkan simpanan uranium ke Rusia. Selengkapnya simak video berita ini.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.