Sukses

SBY Tekankan Pentingnya Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

Setibanya di Hua Hin, Thailand, kegiatan pertama Presiden SBY adalah mengikuti pertemuan puncak pimpinan negara ASEAN plus tiga di KTT ASEAN yang ke-15.

Liputan6.com, Hua Hin: Setelah tiba di Hua Hin, Thailand, Sabtu (24/10) siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung mengikuti pertemuan puncak pimpinan negara ASEAN plus tiga. Tiga negara tersebut adalah Jepang, Korea Selatan dan Cina. Dalam kesempatan itu, SBY menekankan pentingnya menjaga pertumbuhan ekonomi di masing-masing negara.

Rencananya, SBY juga akan membahas multilateral Chiang Mai Initiative senilai 120 miliar dolar Amerika Serikat guna menghadapi krisis keuangan global. Selain itu, SBY juga akan menyinggung masalah perubahan iklim, penanganan bencana, dan perundingan organisasi perdagangan dunia.

Pada saat dibuka kemarin, KTT ASEAN mencatat sejarah penting yakni peresmian Badan Hak Asasi Manusia ASEAN. Kemudian hari ini kesepakatan kerjasama regional seperti pembentukan dana infrastruktur juga telah tercapai [baca: KTT ASEAN Sepakati Pembentukan Dana Infrastruktur].

Selain membahas rencana pembentukan Komunitas ASEAN 2015, forum regional ini juga dijadwalkan akan membahas sebuah blok regional seperti Uni Eropa. Selengkapnya simak video berita ini.(IRN/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini