Sukses

Sebuah Lukisan Diduga Karya Leonardo da Vinci

Sebuah lukisan perempuan muda yang ditemukan di Toronto diduga adalah karya Leonardo da Vinci

Liputan6.com, Toronto: Sebuah lukisan perempuan muda yang ditemukan di Toronto, Kanada,  mendapat perhatian. Hal ini dipicu dugaan sejumlah pakar seni bahwa lukisan berjudul La Bella Principessa merupakan karya Leonardo da Vinci.

Para pakar seni menduga hal tersebut karena ditemukannya beberapa ciri-ciri yang mengarah pada sang maestro, seperti teknik, gaya, dan komposisi lukisan, termasuk data karbon, yang menunjukkan lukisan itu dibuat tak jauh dengan masa diciptakanya Mona Lisa.

Demikian juga informasi sidik jari dan telapak tangan mengarah pada Leonardo Da Vinci. "Leonardo sering menggunakan jarinya dengan bebas sebagai bagian dari teknik melukis. Banyak sekali sidik jarinya yang ditemukan dalam karya itu," ujar Peter Paul, ahli forensik seni asal Kanada, seperti dikutip Associated Press, Rabu (14/10). Diperkirakan lukisan tersebut dibuat pada tahun 1485-1490 saat Leonardo berada di Milan.

Pemilik lukisan tersebut adalah Peter Silverman seorang kolektor seni asal Kanada. Ia membelinya dari galeri New York pada 2007 seharga 19 ribu dolar atau sekitar Rp 190 juta. Kini nilai lukisan tersebut melonjak hingga 150 juta dolar. Meski demikian, Kate Ganz, seorang kolektor seni yang sebelumnya pernah menjadi pemilik lukisan tersebut, tidak percaya lukisan tersebut adalah karya Leonardo da Vinci.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini