Sukses

AS Tengarai Taliban Lebih Kuat Secara Finansial

Pejabat Kementerian Keuangan Amerika Serikat David Cohen mengatakan kelompok Taliban lebih kuat secara finansial ketimbang Al-Qaedah.

Liputan6.com, Washington: Pejabat Kementerian Keuangan Amerika Serikat David Cohen mengatakan kelompok Taliban lebih kuat secara finansial ketimbang Al-Qaedah. Hal ini disebabkan banyaknya sumber keuangan Taliban. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Senin (12/10).

Beberapa sumber keuangan Taliban yang disebut AS antara lain dana yang didapat dari para petani opium dan perdagangan heroin. AS juga menduga keuangan Taliban berasal dari jasa perlindungan yang diberikan kelompok tersebut pada sejumlah pebisnis Afghanistan. Menurut Cohen, dibandingkan Taliban, pengaruh Al-Qaedah kini makin berkurang. "Kami kira Al-Qaedah berada dalam kondisi keuangan yang makin lemah dalam beberapa tahun terkahir," ujarnya. Meski demikian, keadaan bisa berubah karena pendonor dana bagi organisasi tersebut masih ada. Untuk melumpuhkan Taliban dan Al-Qaedah, diperlukan upaya serius dari AS dan sekutunya untuk memotong jalur keuangan.

Analis tersebut  datang setelah Presiden AS Barack Obama bertemu sejumlah penasihatnya guna membahas penambahan pasukan AS yang diminta Komandan AS dan NATO di Afghanistan Stanley McChrystal.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.