Sukses

Ribuan Kaum Homoseksual Tuntut Obama

Ribuan aktivis hak-hak kaum homo melakukan pawai menekan Obama agar mengizinkan kaum homo dan lesbi memasuki institusi militer AS.

Liputan6.com, Washington: Ribuan aktivis hak-hak kaum homoseksual melakukan pawai untuk mendukung hak-hak kaum homo. Mereka mendesak Presiden Barack Obama melaksanakan janjinya untuk mengizinkan kaum gay dan lesbian memasuki militer AS. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Minggu (11/10). Pawai dilakukan di depan Gedung Putih, kemudian dilanjutkan ke Gedung Kongres. Ribuan pendukung hak-hak kaum homoseksual itu meneriakkan yel-yel.

Juru bicara aksi Julian Bond mengatakan, gerakan ini merupakan bagian dari perjuangan menegakkan hak-hak sipil, sehingga kaum homoseksual perlu dibebaskan dari diskriminasi. "Seluruh manusia tidak boleh menentang persamaan dan demikian juga hak dengan hak-hak untuk memiliki pasangan," ujarnya. Sedangkan penyelenggara acara Cleve Jones menjelaskan, aksi ini sebenarnya hendak ditunda, namun para aktivis khawatir Obama akan melupakan janji yang telah ditegaskannya pada saat kampanye. "Karena kami telah banyak melihat fenomena ingkar janji seperti itu dan kami tak ingin itu terulang lagi," kata Jones.

Meski demikian para aktivis lain ragu aksi tersebut akan memberikan hasil. Anggota Kongres dari Partai Republik Barney Frank juga mengatakan demonstrasi itu hanya sekadar letupan emosi yang tidak banyak mempengaruhi Kongres, sehingga diperlukan lobi yang lebih serius.

Pawai kali ini berbeda dengan pawai pada tahun-tahun sebelumnya yang banyak menyertakan para selebritas. Kali ini pawai diikuti oleh aktivis HAM seperti Cynthia Nixon dan Judy Shepard serta masyarakat biasa.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.