Sukses

Negara Sahabat Terus Kucurkan Bantuan

Negara-negara sahabat terus memberikan bantuan kepada korban gempa di Sumbar. Bantuan tersebut berupa usaha penyelamatan dan dana tanggap bencana.

Liputan6.com, Jakarta: Gempa bumi yang melanda Sumatra Barat, Rabu lalu menjadi perhatian dunia. Negara-negara sahabat terus memberikan bantuan baik usaha penyelamatan ataupun dana tanggap bencana.

Australia memberikan bantuan kepada Indonesia sebesar A$ 2,8 juta dengan opsi tambahan A$ 1 juta. "Australia bekerja erat dengan pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan meringankan rakyat Padang," ujar Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Paul Robilliard dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Ahad (4/10).

Selain bantuan tersebut, Australia telah mengirimkan tim sebanyak 48 orang untuk membantu Indonesia dalam tanggap darurat gempa. Selain itum, Australia juga mengirimkan 33 tim SAR untuk membantu penyelamatan dan pencarian korban gempa.

Kanselir Jerman Angela Merkel menekankan kesediaan Jerman memberian bantuan. Negara tersebut mengucurkan bantuan sebesar US$ 3 juta. Separuh dana bantuan tersebut diambil dari dana Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman.

Pemerintah Taiwan juga memberikan bantuan sebesar US$ 150.000. Dana tersebut diharapkan dapat segera disalurkan kepada korban gempa.(AND)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini