Sukses

PBB Soroti Gempa Sumbar

Perserikatang Bangsa-bangsa di New York, Amerika Serikat, secara khusus menyoroti bencana alam di berbagai wilayah, termasuk gempa Sumbar. Presiden AS Barack Obama juga menyampaikan simpatinya.

Liputan6.com, New York: Konferensi pers di Markas Perserikatan Bangsa-bangsa di New York, Amerika Serikat, Kamis (1/10) waktu setempat, secara khusus menyoroti sejumlah bencana alam yang menimpa berbagai wilayah, khususnya di Samudra Pasifik dan Asia Tenggara. Gempa di Sumatra Barat juga menjadi perhatian. "Keputusan pemerintah Indonesia menetapkan masa darurat selama dua bulan ke depan merupakan indikasi ini krisis besar, bahkan mungkin lebih besar daripada gempa Yogyakarta," ujar Koordinator Bantuan Darurat PBB John Holmes di New York.

Di Gedung Putih, Washington D.C., Presiden AS Barack Obama juga secara khusus berbicara tentang gempa Sumatra Barat. Ia menjanjikan bantuan sesuai koordinasi dengan pemerintah Indonesia.

Obama juga menyoroti ketabahan warga Indonesia. "Indonesia pernah merasakan kesusahan akibat bencana alam. Saya tahu persis masyarakat Indonesia kuat, punya semangat bertahan dan mampu melewati tantangan ini. Amerika siap menjadi teman dan rekan," ucap Obama. Selengkapnya, simak video.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini