Sukses

Bantuan Internasional Mulai Mengalir ke Samoa

Bantuan kemanusian untuk korban gempa dan tsunami di Pagopago, Kepulauan Samoa serta Samoa Amerika, hari ini, mulai mengalir. Paket bantuan itu terkumpul berkat kerja sama pemerintah beberapa negara di kawasan pasifik selatan yang dimotori Australia.

Liputan6.com, Pagopago: Bantuan kemanusian untuk korban gempa dan tsunami di Pagopago, Kepulauan Samoa serta Samoa Amerika, Kamis (1/10), mulai mengalir. Bantuan berupa makanan, obat obatan, dan kantung mayat tiba di ibukota Samoa, Apia. Paket ini terkumpul berkat kerja sama pemerintah beberapa negara di kawasan pasifik selatan yang dimotori Australia. Tak hanya itu, sejumlah dokter dan petugas kesehatan turut dikirimkan untuk memeriksa keadaan para korban.

Warga Samoa di Los Angeles juga tergerak hati untuk mengumpulkan bantuan bagi saudara-saudaranya. Mereka juga menggelar doa bersama untuk para korban tsunami. Sejauh ini dilaporkan 110 orang tewas di Samoa dan Samoa Amerika. Para korban bukan hanya warga Samoa, namun juga beberapa warga asal Inggris dan Australia.

Sementara itu, beberapa ahli memperkirakan gempa di Sumatra Barat terjadi 24 jam setelah gempa mengguncang negara kepulauan Samoa dan Samoa Amerika. Ada dugaan, gempa Sumatra merupakan lanjutan gempa Samoa yang kemudian menimbulkan tsunami [baca: Gempa di Samoa Diduga Picu Gempa Sumatra]. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.