Sukses

Warga Palestina Kembali Kecam Tindakan Brutal Israel

Ratusan perempuan dan bocah Palestina berunjuk rasa di Gaza City, memprotes kekerasan polisi Israel terhadap pengunjuk rasa di kota tua Jerusalem, Ahad silam, yang melukai sejumlah warga Palestina.

Liputan6.com, Gaza: Ratusan perempuan dan bocah Palestina berunjuk rasa di Gaza City, Senin (28/9) waktu setempat, sambil membawa spanduk dan bendera Hamas. Demonstrasi ini adalah lanjutan dua unjuk rasa sebelumnya di Gaza. Pengunjuk rasa memprotes tindakan berlebihan polisi Israel terhadap warga Palestina yang berdemonstrasi di kompleks Masjid Al-Aqsa, dua hari lalu. Sejumlah warga Palestina terluka dan ditahan polisi Israel dalam unjuk rasa itu.

Unjuk rasa berujung bentrok di kompleks Masjid Al-Aqsa itu berawal ketika belasan warga Yahudi memasuki tempat suci umat Islam tersebut. Pengunjuk rasa yang memprotes kedatangan warga Yahudi itu dibubarkan polisi Israel dengan melepaskan granat kejut. Baik warga Muslim maupun Yahudi berkepentingan terhadap situs-situs suci di kota tua Jerusalem. Bentrokan terjadi ditengarai berlatar sentimen keagamaan dan kebangsaan.

Israel sendiri mengendalikan seluruh situs di kota tua Jerusalem. Termasuk, kubah batu dan Masjid Al-Aqsa sejak berhasil mencaploknya dari Yordania pada perang Arab-Israel pada 1967.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.