Sukses

Dalam Satu Abad, Hutan Argentina Menyusut Drastis

Dalam satu abad terakhir, Argentina telah kehilangan hampir 70 persen dari hutannya.

Liputan6.com, Buenos Aires: Argentina telah kehilangan hampir 70 persen dari hutannya dalam satu abad terakhir. Menurut keterangan Enviromental Secretariat pada Konferensi PBB yang digelar baru-baru ini, hutan Argentina seluas 100 juta hektare pada 1900 telah menyusut menjadi 33,19 juta hektare.

"Dalam 100 tahun, kami telah kehilangan sekitar 60-70 persen kekayaan hutan," ucap sekretaris Enviromental, Sergio La Rocca, seperti diwartakan AFP.

Kerusakan hutan Argentina dalam sepuluh tahun terakhir ini dipercepat oleh meledaknya hasil panen kedelai, salah satu penghasilan utama negara itu. Argentina adalah salah satu negara pengekspor utama tepung kedelai dan minyak, serta negara ketiga terbesar dalam ekspor bibit kedelai.

Berdasarkan penelitian Universitas Buenos Aires (UBA), Provinsi Salta telah kehilangan 26 persen hutannya dalam 30 tahun terakhir. Pada 2007, UBA mengumumkan rata-rata kerusakan hutan per tahun adalah 2,1 persen.

Menghadapi krisis ini, Mahkamah Agung Argentina memerintahkan untuk menghentikan penebangan di hutan alam. Keputusan ini bertentangan dengan otoritas pemerintah provinsi yang membolehkan eksploitasi hutan.

Buenos Aires akan menjadi tempat penyelenggaran Kongres Kehutanan Dunia ke-23 pada 18-23 Oktober mendatang. Di forum tersebut, pemerintah setempat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, dan sejumlah perusahaan akan bertukar pikiran untuk memformulasi kebijakan kehutanan.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.