Sukses

Diduga Agen Militer, Spanyol Tangkap Pilot Belanda-Argentina

Seorang pilot berkebangsaan Belanda-Argentina ditangkap polisi Spanyol atas tuduhan menjadi kaki tangan junta militer Argentina. Poch dituding menjadi agen yang membuang ribuan mayat penentang rezim militer ke Laut Atlantik.

Liputan6.com, Valencia: Polisi Spanyol, baru-baru ini, menangkap seorang pilot berkebangsaan Belanda-Argentina yang diduga pernah menjadi kaki tangan junta militer Argentina. Pria bernama Poch itu dituduh terlibat pembunuhan atas lebih dari 11 ribu jiwa saat menjabat sebagai letnan angkatan laut Argentina.

Laporan Pemerintah Argentina menyebutkan, lebih dari 11 ribu orang hilang selama perang kotor pada 1976-1983. Mereka adalah penentang rezim militer yang diculik dan dikirim ke pusat penyiksaan lalu dibunuh. Poch menjadi agen yang melenyapkan bukti dengan membuang mayat ke lautan Atlantik.

Guna menjerat Poch, Argentina telah mengeluarkan surat penahanan pada Maret lalu sekaligus meminta Belanda mengekstradisi pria tersebut. Poch yang kini mejadi pilot penerbangan Transavia itu ditangkap saat berada di Bandara Manises, Valencia. Kala itu Ia singgah dalam perjalanan kembali ke Amsterdam, Belanda. Simak berita selengkapnya dalam video.(OMI/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini