Sukses

Sebagian Negara Muslim Rayakan Idulfitri Senin

Meski sebagian negara muslim merayakan Idulfitri, Ahad (20/9), terdapat sebagian negara muslim yang merayakan hari kemenangan sehari sesudahnya.

Liputan6.com, Aljier: Meski sebagian negara muslim merayakan Idulfitri, Ahad (20/9), terdapat sebagian negara muslim yang merayakan hari kemenangan tersebut pada Senin (21/9).

Islamonline melansir, selain Indonesia, negara-negara Asia Tenggara dan negara teluk, serta komunitas muslim di Eropa seperti Rumania, Bosnia, Bulgaria, Albania, Slovenia, dan Rusia juga melaksanakan idulfitri, kemarin.

Sejumlah negara muslim di Afrika merayakan Idulfitri pada Senin, seperti Aljazair. "Berdasarkan perhitungan astronomi sulit menyaksikan hilal pada Sabtu. Akibatnya puasa Ramadan akan digenapkan dan Idulfitri jatuh pada Senin," demikian pernyataan Lembaga Astronomi Aljazair. Hal serupa diperkirakan akan terjadi di sejumlah negara seperti Maroko, Pakistan dan India.

Perbedaan ini kerap terjadi di sejumlah negara, lantaran perbedaan lokasi menyebabkan satu negara dapat melihat hilal sedangkan negara lain tidak. Di samping itu masalah siapa yang paling memiliki otoritas menentukan awal dan akhir Ramadan juga masih jadi perselisihan kalangan ilmuwan Islam.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.