Sukses

Soal Holocaust, Uni Eropa Kecam Ahmadinejad

Uni Eropa mengecam Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad soal pernyataan bahwa Holocaust merupakan mitos.

Liputan6.com, Brussel: Uni Eropa pada mengecam deklarasi Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad termasuk pernyataan bahwa Holocaust merupakan mitos. "Kepresidenan Uni Eropa mengecam pernyataan-pernyataan Presiden Ahmadinejad pada pawai Hari Quds di Teheran tempat ia mengulangi penyangkalan terkait Holocaust dan hak untuk berdiri negara Israel," kata pernyataan Uni Eropa, Ahad (20/9) waktu setempat.

Pernyataan tersebut mendorong aksi antisemit dan kebencian. "Kami menyeru para pemimpin Republik Islam Iran untuk memberi sumbangan konstruktif bagi perdamaian dan keamanan di Timur Tengah," ujar pernyataan yang dilansir ANTARA.

Ahmadinejad pada Jumat memperbarui komentarnya tentang Israel dan mitos Holocaust yang sebelumnya telah memicu kecaman internasional. "Mereka (kekuatan Barat-red) melancarkan mitos Holocaust. Mereka berbohong, mereka memperlihatkan pertunjukan dan kemudian mereka mendukung Yahudi," katanya di tengah-tengah teriakan "mati Israel" yang dilontarkan para pendukungnya.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini