Sukses

Perayaan Idulfitri di Timur Tengah

Di Mekah, Arab Saudi, warga mengikuti salat Id di Masjidil Haram. Konflik sektarian yang terus berkobar di Irak juga tak mengekang niat warga negara itu merayakan Hari Kemenangan.

Liputan6.com, Mekah: Hari Idulfitri turut dirayakan di berbagai negara Timur Tengah, Ahad (20/9). Di Mekah, Arab Saudi, warga mengikuti salat Id di Masjidil Haram. Sementara Raja Abdullah II dari Yordania, menjalani ibadah salat id di masjid Kota Aqaba, Yordania.

Perayaan juga berjalan lancar di daerah konflik Tepi Barat dan Jalur Gaza, Palestina. Warga mensyukuri kemenangan di Bulan Suci Ramadan meskipun suasana di Gaza diwarnai kemurungan menyusul masih diterapkannya blokade di perbatasan oleh Israel dan Mesir.

Di Iran, salat Idul Fitri di Kampus Universitas Teheran diikuti Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Kamenei. Suasana kebahagiaan turut pula dirasakan rakyat Afghanistan dengan menggelar salat Id di Kabul, Afghanistan. Pesan perdamaian diselipkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam pidato menyambut Idulfitri dengan meminta kelompok Taliban menghentikan pemberontakan.

Konflik sektarian yang terus berkobar di Irak juga tak mengekang niat warga negara itu merayakan Hari Kemenangan. Warga Baghdad, Irak, mengikuti salat Id di berbagai masjid sebelum berziarah ke makam orang terkasih.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini