Sukses

Perayaan Idulfitri di Mancanegara

Hari raya Idulfitri turut dirayakan hari ini di negara-negara Timur Tengah. Perayaan Hari Kemenangan berjalan khidmat tanpa gangguan keamanan berarti.

Liputan6.com, Mekkah: Perayaan Idulfitri di negara-negara Timur Tengah berjalan khidmat tanpa gangguan keamanan berarti. Di Arab Saudi misalnya. Rakyat negara itu mengikuti salat Idulfitri di Masjidil Haram. Raja Abdullah II mengikuti jalannya salat Idulfitri di Masjid Kota Aqaba, Yordania.

Sementara itu, rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza turut pula menggelar salat Idulfitri sebagai ucapan syukur mencapai kemenangan di bulan suci Ramadan. Suasana Gaza yang diwarnai kemurungan menyusul terus diblokadenya perbatasan oleh Israel dan Mesir tidak menghalangi warga untuk bersuka cita di Hari Kemenangan.

Salat Idulfitri di Kampus Universitas Teheran, Iran, diikuti Presiden Mahmoud Ahmadinejad dan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Suasana kebahagiaan turut pula dirasakan rakyat Afghanistan dengan menggelar salat Idulfitri di Kabul. Pesan perdamaian diselipkan Presiden Hamid Karzai dalam pidato menyambut Idulfitri dengan meminta kelompok Taliban menghentikan upaya pemberontakan.

Sedangkan konflik sektarian yang terus berkobar di Irak tidak mengekang niat rakyat negara itu merayakan Hari Kemenangan. Warga Baghdad mengikuti salat Idulfitri di berbagai masjid sebelum berziarah ke makam orang-orang terkasih.(YNI/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini