Sukses

AS Siap Bertemu Korut

AS menyatakan akan melakukan pembicaraan langsung dengan Korea Utara untuk membujuk negara itu kembali ke perundingan multilateral sehubungan dengan progam nuklirnya.

Liputan6.com, Seoul: Amerika Serikat menyatakan akan melakukan pembicaraan langsung dengan Korea Utara untuk membujuk negara itu kembali ke perundingan multilateral sehubungan dengan progam nuklirnya yang selama ini terhenti, Sabtu (12/9). Namun, belum diputuskan kapan pembicaraan itu akan berlangsung.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Philip Crowley menegaskan bahwa langkah itu bukanlah perubahan kebijakan karena pembicaraan langsung dengan Korea Utara tetap dalam konteks proses perundingan enam negara.

BBC mewartakan Korea Utara mundur dari perundingan multilateral April tahun ini setelah komunitas internasional mengkritik peluncuran roket, yang mereka sebut untuk kepentingan damai.

Sementara itu, pada awal pekan ini utusan khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara, Stephen Bosworth, bertemu dengan para pejabat Korea Selatan, Cina, dan Tokyo untuk membahas perundingan multilateral. Namun, salah satu sumber di Deplu AS menginformasikan kemungkinan Bosworth akan bertemu dengan para pejabat Korea Utara.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.