Sukses

Putra Aquino Siap Maju dalam Pilpres Filipina

Benigno Aquino III, anak mendiang mantan Presiden Filipina Corazon Aquino, menyatakan siap maju dalam pemilu presiden Filipina tahun depan.

Liputan6.com, Manila: Benigno "Noynoy" Aquino III, anak mendiang mantan Presiden Filipina Corazon Aquino, menyatakan siap maju dalam pemilu presiden Filipina tahun depan. Demikian berita yang dilansir AFP, Rabu (9/9).

Benigno muncul sebagai kandidat presiden pascakematian ibundanya Corazon "Cory" Aquino akibat penyakit kanker yang dideritanya. Setelah itu, simpati besar dari rakyat Filipina banyak mengalir kepada diri dan keluarganya. Dalam pernyataan di depan para pendukungnyha, ia mengatakan siap menerima tanggung jawab untuk meneruskan perjuangan. "Saya siap menghadapi tantangan untuk memimpin. Saya akan mencalonkan diri pada pemilu mendatang", ujarnya.

Pencalonan Benigno tak bisa lepas dari nama besar ibunya Corazon Aquino, yang dianggap sebagai pahlawan bangsa lantaran berhasil memimpin revolusi untuk mengakhiri kepemimpinan diktator Ferdinand Marcos pada tahun 1986.

Tahun depan merupakan kesempatan baik bagi Benigno untuk memulai langkah pencalonan. Meski demikian putra Corazon Aquino ini akan mendapat banyak tantangan dari sejumlah tokoh, seperti Gilberto Teodoro yang diperkirakan akan maju memimpin koalisi berkuasa. Bahkan mantan presiden Filipina Joseph Estrada dan Manuel Villar yang cukup populer dalam berbagai jajak pendapat disebut-sebut akan maju dalam pencalonan.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.