Sukses

PM Taiwan Mengundurkan Diri

PM Taiwan Liu Chao-shiuan mundur dari jabatan. Keputusan Shiuan dipengaruhi sejumlah pengamat yang menilai pemerintahannya lamban menanggapi korban badai Morakot.

Liputan6.com, Taipei: Perdana Menteri Taiwan Liu Chao-shiuan mengundurkan diri dari jabatan. Keputusan itu disampaikan di Taipei, Taiwan, Senin (7/9) waktu setempat. Keputusan Shiuan dipengaruhi sejumlah pengamat yang menilai pemerintahannya lamban menanggapi korban badai Morakot. Diperkirakan sekitar 500 korban meninggal akibat banjir bandang disertai angin kencang ini, Agustus silam [baca: Ribuan Orang Masih Terjebak Banjir].

Selain dinilai lamban, sikap Shiuan menolak bantuan pihak asing bagi para korban dianggap salah. Tapi ia telah selesai merumuskan rencana pemulihan bagi para korban terjangan badai Morakot. Satu di antaranya proyek pembangunan seribu rumah bagi warga.

Langkah mundur Shiuan juga akan diikuti seluruh anggota kabinet yang akan mencopot jabatannya pada Kamis nanti. Hingga kini sejumlah nama pengganti Shiuan masih diperdebatkan di kalangan Parlemen Taiwan. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(AIS/VIN)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini