Sukses

Kapal Pesiar Tenggelam, 15 Tewas

Sebuah kapal pesiar yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas tenggelam di sebuah danau di perbatasan Macedonia dan Albania. Sedikitnya 15 orang tewas.

Liputan6.com, Skopje: Sebuah kapal pesiar bernama The Ilinden dilaporkan tenggelam di sebuah danau di perbatasan Macedonia dan Albania, Sabtu (5/9) waktu setempat. Sedikitnya 15 orang tewas dan tiga penumpang lainnya hilang.

Pada saat kejadian, kapal tersebut tengah membawa 73 orang, padahal kapasitasnya hanya 42 orang. Sekitar 200 meter dari pinggir Danau Ohrid, tiba-tiba kapal terbelah dua. Kapal kemudian tenggelam begitu cepat hingga mencapai kedalaman enam meter.

Tim penyelamat yang segera tiba di lokasi berhasil mengevakuasi 55 orang selamat. Namun, lima di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kondisi kritis. Sedangkan 15 jasad berhasil ditemukan di bagian terdalam danau di kawasan Balkan. Tiga lainnya dilaporkan masih hilang.

Sebagian besar korban merupakan warga negara Bulgaria yang sedang berlibur. Mereka menggunakan kapal pesiar tersebut menuju kompleks biara abad pertengahan Sveti Naum, sebelah selatan dari perbatasan dengan Albania. Guna menemukan korban yang masih hilang, proses pencarian pun dilakukan secara besar-besaran.

Menyadari kesalahan ada pada pihaknya, yaitu membiarkan kapal mengangkut penumpang melebihi kapasitas, Menteri Transportasi Macedonia, Mile Janakievski, mengundurkan diri. Sementara demi menghormati para korban dan keluarganya, pemerintah Macedonia menetapkan Ahad ini sebagai hari berkabung nasional.(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini