Sukses

Kunjungan Dalai Lama Diprotes

Kunjungan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, di Taipei, Taiwan, diwarnai unjuk rasa. Dalai Lama hadir atas undangan Pemerintah Taiwan yang diprotes Pemerintah Cina.

Liputan6.com, Taipei: Puluhan warga Cina berunjuk rasa menyambut kunjungan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama di Stasiun Kereta Api Taipei, Taiwan, Ahad (30/8). Ia datang ke Taipei untuk melawat korban terjangan badai Morakot di Taiwan. Demonstrasi memanas ketika massa enggan membubarkan diri. Petugas kepolisian setempat mendorong dan menarik pengunjuk rasa secara paksa untuk keluar dari stasiun.

Kunjungan Dalai Lama atas undangan Pemerintah Taiwan yang menginginkannya mendukung para korban. Sebelumnya, Pemerintah Cina telah memperingatkan Taiwan supaya tak menerima lawatan Dalai Lama. Sikap ini disebut-sebut bisa memicu ketegangan di antara kedua negara.

Diperkirakan sekitar lima ratus orang meninggal akibat banjir bandang yang disertai angin kencang itu. Sejumlah negara telah memberi bantuan kepada Taiwan. Di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Israel, dan Australia [baca: Warga Doakan Arwah Korban Morakot]. Saksikan selengkapnya di video berita ini.(AIS/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.